Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Saturday, December 12, 2009

Hukum Sukses Bisnis

=> Hukum 2T (TT), yaitu Hukum Tabur Tuai.

Hukum ini memberikan pengertian, siapa yang menabur ia yang akan menuai. Saya juga mempelajarinya dengan istilah Give and Take. Orang bisnis itu berbagi. Banyak membina hubungan dengan orang-orang yang tepat, akan mempermudah dan mempercepat bisnis.

Hukum 2B (BB), yaitu Hukum Bilangan Banyak.

Semakin banyak melakukan, semakin besar peluang keberhasilan.

=> Hukum 2D (DD) yaitu Hukum Dadu.

Hukum ini berhubungan dengan Hukum Bilangan Banyak. Hukum Dadu menggambarkan bahwa kita keep rolling saja apabila bisnis belum berkembang. Temukan "mata dadu enam" anda, artinya konsumen loyal atau partner bagus, supplier bagus. Ini yang saya maksudkan dengan mata dadu enam. Dalam Bisnis, ada berbagai jenis konsumen anda, temukan dan ciptakan konsumen yang merupakan "mata dadu enam" anda. keep rolling.

=> Hukum Paretto.

Hukum Paretto 80/20 ini menjelaskan bahwa 80% dari beberapa kegiatan yang kita lakukan ternyata menghasilkan cuma 20% hasil. Sedangkan di sisi lain, 20% dari kegiatan lain yang kita lakukan malah menghasilkan 80% hasil. Menyambung dengan Hukum 2D, jadi fokuslah pada kegiatan-kegiatan, partner-partner (konsumen ataupun supplier) yang 20% yang menghasilkan 80% kegiatan.

=> Hukum Proyek Orkestra.

Bisnis ibarat bermain orkestra, jadi bukanlah proyek solo. Anda tidak mengerjakannya sendirian, Anda bisa memilih dan mempunyai partner-partner bisnis Anda untuk membangun bisnis Anda. Dan Anda sebagai Mayoretnya. Misal, ketika anda ingin membuka usaha rumah makan, anda tidak perlu untuk menjadi jago masak kan? Begitu pula ketika anda ingin membuka usaha kontraktor? Anda tidak harus menjadi sarjana sipil atau arsitektur dulu. Ini sedikit cerita tentang paman saya yang kontraktor. Ia tidaklah lulusan sarjana teknik, hanyalah seorang lulusan SMA. Namun ia bisa mempunyai usaha kontraktor, karena ia mempunyai karyawan-karyawan yang lulusan dan pengalaman tehnik. Yang terpenting baginya adalah menemukan dan mendapatkan proyeknya. Jadi Bisnis bukan penyanyi solo, melainkan anda bermain di orkestra, sebagai mayoretnya, yang memimpin team orkestra anda.

=> Hukum Give and Take.

Orang Bisnis adalah orang-orang yang memberi.

No comments:

Post a Comment