Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Wednesday, December 9, 2009

Rahasia Mindset Para Pebisnis

Mindset atau Pola Pikir inilah yang menentukan sukses tidaknya seseorang.

Seorang Employee memilih kenyamanan finansial. Ia terbiasa menerima uang/gaji dari kantor tiap bulannya.

Seorang Self Employed memilih keamanan finansial. Ia terbiasa melakukan kerja sendirian, semuanya dilakukan sendiri, dia bossnya, dia sekretarisnya, dia keuangannya. Akibatnya, ia tidak mau mendelegasikan ke orang lain. Keamanan finansial belum tentu kebebasan finansial.

Beda dengan seorang pebisnis, ia memilih kebebasan finansial. Untuk meraih kebebasan finansial, ia rela mengorbankan dahulu kenyamanan dan keamanan finansialnya. Kenapa? Karena seorang pebisnis tau, ketika ia mencapai kebebasan finansial, ia sudah pasti akan mendapatkan kenyamanan dan keamanan finansial. Seorang pebisnis tau bahwa ia sedang membangun sumber uang, atau ibaratnya sedang memelihara kebun mangga.

Uang memang diinginkan sebagai tujuan membangun bisnis. Cuma kalau ingin memulai membangun bisnis, sebaiknya hindari motivasi untuk mendapatkan uang lebih banyak.

LOH!!! Kenapa Begitu?

YA!!! Kalau seseorang memulai bisnis dengan tujuan di awal untuk mendapatkan uang lebih banyak, biasanya hal ini akan membuat orang itu cepat lelah. Kenapa bisa begitu?

Sama sperti ketika membangun sebuah perkebunan mangga, awalnya kita menyiapkan lahannya dulu, dengan pembersihan lahan, terus pemupukan lahan, setelah itu menanamkan benihnya, merawat benih, dengan pemupukan, menjaga dari hama dan gulma, terus tumbuh dan berkembang, sampai akhirnya berbuah.

So, mulailah bisnis dengan motivasi di luar motivasi uang, misalnya :

Belajar Membangun aset

Menambah pergaulan dan wawasan

Memberikan lapangan kerja buat orang lain

dan lain-lain atau miliki motivasi di luar untuk diri sendiri, misal miliki motivasi untuk membantu orang tua, membahagiakan orang tua.

Ibarat proses produksi di pabrik, selama masukan bahan-bahan benar dan proses produksi benar, maka produk yang dikeluarkan pun akan benar dan bagus.

Begitu pula, dengan bisnis. Asalkan mindsetnya benar dan caranya benar, maka hasil uang pun itu pasti.

Contoh Kasus : Ketika seseorang membuka restoran, awalnya restoran baru sedikit pengunjung, sepi. Nah, kalo motivasi atau tujuan hanya fokus pada uang, maka ia akan mengalami pusing. Sebaliknya, apabila ia memiliki motivasi lain juga seperti memberikan makanan yang terbaik, pelayanan terbaik, maka fokusnya pada memberikan yang terbaik buat calon konsumen. Sebaliknya, kalau cuma ingin uang, ia pasti akan terus mengeluh karena uang yang didapat awalnya kecil.

Uang hanyalah sebuah efek samping dari sebuah proses.

No comments:

Post a Comment