Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sunday, May 24, 2009

Di Balik Krisis Ada Peluang

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Bahkan Indonesia termasuk negara penghasil minyak terbesar di dunia. Sayangnya Indonesia belum mempunyai sumber daya manusia yang profesional yang bisa mengelola sumber daya alam dengan maksimal. Indonesia belum bisa mandiri karena perekonomian Indonesia masih sangat tergantung dengan asing.

Naiknya harga minyak dunia serta jatuhnya perekonomian Amerika Serikat akibat krisis subprime mortgage (kredit macet perumahan) telah memicu terjadinya krisis ekonomi global yang berdampak hampir pada seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia. Siap tidak siap Indonesia pun harus menghadapi krisis ekonomi global.

Naiknya harga minyak dunia sebenarnya bisa memberikan keuntungan bagi pendapatan negara Indonesia. Meskipun disisi lain juga memberikan kerugian karena pengadaan BBM masih mengandalkan import dari luar negeri sebagai akibat semakin menipisnya cadangan minyak bumi Indonesia.

Sebenarnya Indonesia memiliki kemampuan untuk menghadapi krisis global, karena Indonesia mempunyai modal sumber daya alam yang cukup besar. Masih banyak sumber daya alam Indonesia yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Misalnya, Indonesia bisa memaksimalkan produksi hasil perkebunan, pertanian, tambang, dan juga hasil laut. Dalam bidang perkebunan misalnya, Indonesia bisa memaksimalkan produksi minyak sawit. Selama ini Indonesia telah menjadi pengekspor minyak sawit. Indonesia pun memiliki banyak perkebunan kelapa sawit. Jika produksi minyak sawit tersebut lebih diperhatikan dan dikembangkan, maka Indonesia bisa mendapatkan keuntungan yang banyak dari hasil produksi minyak sawit tersebut. Dan berarti pendapatan negara pun akan bertambah. Namun sayangnya, perkebunan kelapa sawit Indonesia banyak dikuasai oleh asing. Begitu juga hasil perkebunan yang berupa kayu. Sebagian dari wilayah Indonesia adalah hutan. Seandainya masyarakat Indonesia bisa mengelola hasil hutan dengan baik, betapa akan begitu banyak keuntungan yang bisa kita peroleh. Namun sayangnya lagi, hasil hutan negara kita pun banyak yang dikuasai asing.

Dalam menghadapi krisis ekonomi global yang siap tidak siap harus kita hadapi ini, Pemerintah Indonesia perlu bertindak lebih cepat. Yang perlu dilakukan oleh pemerintah adalah menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, mempunyai skill yang profesional untuk mengolah sumber daya alam Indonesia agar bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Jika pemerintah mampu menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, yang mampu mengolah sumber daya alam dengan baik sehingga akan menghasilkan produk yang berkualitas dan berdaya saing internasional, maka Indonesia bisa memperbaiki ekonomi negara dan tidak perlu bergantung lagi pada negara lain atau asing.

Memang untuk mewujudkan cita-cita tersebut sangat sulit bahkan mungkin mustahil. Namun, jika pemerintah dan seluruh masyarakat Indonesia mempunyai kesadaran dan semangat untuk selangkah lebih maju, maka semuanya bukan suatu hal yang mustahil lagi. Artinya, Indonesia masih memiliki peluang untuk memperbaiki ekonomi sehingga mampu menghadapi krisis global.

No comments:

Post a Comment